Kamis, 23 September 2010

its all about facebook-ism



huyuuuuuh, mungkin dah telat banget yah kalo ngomongin sosial network yang satu ini. tapi jujur cuma pengen berbagi aja sejarah gw sampe akhirnya punya account dimari.

semua berawal dari dulu jaman udah gape banget mainan friendster, udah bisa ganti bekgron, udah bisa masang segala macem aplikasi, malahan sempet dapet elmu buat nge-hack others account...but bcozs im an innocent boy at that time jadi gak gw lakukan, hehehehe. sampe akhirnya gw mulai denger tuh orang2 pada ngomongin tentang facebook, tapi karena waktu itu belom terlalu happening banget ya gw masi cuek aja... sampe temen2 di friendster gw pada bilang "poet, bikin lah account facebook elu ntar gw add", biasa nya gw sih cuman bales commentnya simple, "ah rebek...ngurus fs aja dah ribet gw, apalagi punya FB segala". tapi akhirnya gw jilat ludah sendiri waktu suatu hari FS gw di hack karena lupa log out di sebuah warnet.

dan akhirnya...jeng jeng jeng, gw bikin lah account facebook gw. waktu itu masi cupu2nya gw pake nama gw sendiri buat jadi nama accountnya. ternyata berawal dari situ, gw mulai addict sama jejaring sosial yang dibuat sama Mark Zuckerberg ini (buat sejarah tentang facebook bisa diliat di sini). mulai lah gw masukin segala macem foto gw, mulai dari yang poto2 narsis sendiri, sama si abund, sampe foto macan kesayangan juga masuk semua ke foto albumnya..hehehehehe.

sadar atau enggak, dengan kita mainan yang model FB lah, MySpace lah, dan sebagainya..kita itu udah terjangkit virus narsis. virus dimana kita pengen bilang sama orang laen, "heeey...ini lho ada gw disini. gw hari ini mau bla bla bla...". tapi ternyata gak cuma itu aja, gak sedikit dari deretan friendlist gw yang merupakan orang2 yang sering ada di TV ato seengaknya suka keliatan namanya kalo lw semua rajin baca koran nasional yang cukup punya nama. Pasti ada dong pertanyaan, ngapain juga orang2 ntu punya FB..., kurang terkenalkah mereka?? hey, perlahan-lahan gw ngerti ngapain mereka bikin account juga.. jawabannya adalah terkadang mereka mau liat seberapa besarkah pengaruh mereka di lingkungan sosial, at least sosial dunia maya. terkadang sampe ratusan orang nge-comment setiap pernyataan mereka. ntah itu opini sosial, ato bahkan propaganda...

aah, facebook memang mengubah dunia per-narsisan menjadi lebih luas lagi. gak cuma untuk sekedar pamer foto, corat coret curahan hati, ngumpulin temen2 yang lama gak ketemu, sampai ya itu tadi...propaganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar